Sudah Tahu Kalau Kita Sebenarnya Tidak Boleh Pamer Performa Google AdSense?


Tahu nggak sih, kalau sebenarnya kita nggak boleh pamer Adsense report? Menurut ToS milik Google kita tidak boleh berbagi, pamer, ataupun menunjukkan hasil dari Adsense yang kita dapat. Seringkali kita tidak membaca ToS dan langsung saja mengeklik I accept this terms and conditions, atau I agreed to... Padahal semuanya sudah jelas tertulis di ToS milik Google.

Beberapa blogger, webmaster, atau konten kreator bangga memamerkan Adsense mereka yang jumlah nol nya berjejer banyak.Jangankan membeberkan penghasilan secara menyeluruh, hanya membagikan CTR nya atau statistik yang ada pun sebenarnya dilarang.

Kemungkinan terbesar kenapa Google melarang kita untuk membeberkan hasil Adsense karena mereka menjunjung tinggi asas kerahasiaan data. Bukankah hasil dari Adsense itu adalah data yang dimiliki oleh Google? Dengan membeberkan hasil Adsense kita, maka sama saja dengan membeberkan data yang dimiliki oleh Google. Google sendiri menganggap data yang rahasia adalah segala bentuk software, teknologi, dan dokumentasi terkait dengan layanan Google. Dengan membeberkan hasil Adsense, sama saja dengan mencederai perjanjian kita dengna Google

Kalau hasil Adsense tidak boleh dibagikan, terus apa yang boleh?

Sampai saat ini Google tidak pernah menyebutkan apa saja yang boleh dibagikan keciali "gross payments" atau penghasilan kotor  saja. Meskipun demikian, saya pribadi juga kurang nyaman kalau disuruh untuk menunjukkan penghasilan kotor kepada publik.

Selain itu jika kita membagikan penghasilan kotor kita kepada publik, bisa jadi secara tidak sengaja kita melanggar aturan Google yang lain. Padahal kita tahu bahwa semakin kesini aturan Google mengenai program kemitraan ini semakin ketat. Nggak mau kan kalau sampai akun Adsense kita dibanned permanen? Tentu saja Google dapat membanned akun kita dengan mudah kalau mereka mau. Sebenarnya saya sendiri belum pernah mendengar ada mitra yang mendapatkan warning ataupun penonaktifan akun karena memamerkan akun Adsense. Tetap saja hal ini bukan sebuah pemakluman untuk membagikan data-data yang kita miliki toh

Belum lagi kita juga tidak tahu kalau ada orang lain yang iri atau tidak suka dengan kita, bisa saja mereka melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya dengan melakukan invalid click pada website kita yang mebuat akun kita mengalami klik yang dianggap tidak wajar. Just keep your account safe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel