Cara Melihat Traffic Website Orang Lain Biar Nggak Penasaran sama Kompetitor?

Pernah gak sih penasaran sama traffic website teman atau siapapun? Biasanya dalam hati terdalam, kita pengen tahu traffic website kompetitor atau mungkin teman-teman kita yang membuat konten dengan niche yang sama dengan kita. Kenapa? Tentu saja alasannya banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan dari mereka. Misalkan kita mau membuat konten, kita perlu riset dulu keyword, trend pasar, dan faktor-faktor lain. Dari mana data itu didapatkan? Tentu kita semua sudah tahu jawabannya.

Sebelum melihat traffic kompetitor ada baiknya kita juga melihat traffic kita sendiri.

  • Fitur statistik bawaan Blogspot

Buat para pengguna setia blogspot, ada fitur di dalamnya yang menampilkan traffic seperti ini:
Tampilan traffic Blogspot
Fitur tersebut gratis dan tinggal pakai saja. Kekurangan fitur ini adalah hanya menampilkan data secara global saja. Jika ingin mengetahui lebih detail bisa gunakan servis yang lain. Meskipun demikian, saya merasa dengan fitur yang ada di blogspot sudah lumayan membantu untuk memantau traffic yang datang ke situs kita.

  • Jetpack milik Wordpress
Jika kita menggunakan CMS Wordpress ada juga plugin yang lumayan membantu. Seperti yang kita kenal, Wordpress adalah sebuah CMS yang sangat powerfull apalagi jika kita memiliki hosting yang mumpuni. Kita bisa upgrade banyak hal sesuai kebutuhan kita. Dari sekian banyak plugin wordpress, menurut saya Jetpack merupakan salah satu plugins yang wajib diinstall. Soalnya plugin ini gratis dan gunanya banyak banget. 
Tampilan traffic Jetpack. Sumber

Saya sangat menyarankan menginstall plugin ini kalau kalian menggunakan wordpress. Namun, masih ada plugin alternatif lain jika kalian ingin mengetahui traffic yang ada di wordpress. Misalnya Wass Up Real Time Analytics, WP Statistic,WP SlimStat, dan WP Power Stats. Mungkin masih banyak plugins lain dari wordpress yang belum saya tulis. Mau menambahkan?

  • Google Analytics

Nah produk milik Google ini yang paling saya sukai. Alasannya Google Analitics menampilkan banyak informasi secara menyeluruh. Nggak cuman itu, Google Analitics juga sangat kompitabel dengan berbagai jenis website. Google Analitics bisa disematkan di website yang dibuat dari blogspot, wordpress, bahkan kalau mau gila koding manual pakai HTML di dalam CPanel juga.

Lalu kalau mau lihat punya kompetitor gimana?

Nah kalau mau lihat punya kompetitor maupun website siapapun nggak mungkin kan kita minta user sama passwordnya? Cara lain adalah dengan menggunakan bantuan phak ketiga. Hanya saja mungkin hasilnya tidak bisa presisi karena hanya perkiraan saja. Meskipun hanya perkiraan, hasilnya tetap akurat karena error-nya tidak banyak memengaruhi hasil data secara signifikan.

  • Ahrefs
Ahrefs termasuk tools seo yang powerfull. Kita dapat mengetahui traffic sebuah website yang tampil dalam kluster bulanan. selain itu Ahrefs juga bisa digunakan sebagai alat pencari keyword, melacak rangking situs, melacak konten, dan masih banyak lagi. Kekurangannya? Untuk servis yang powerfull Ahrefs tidaklah gratis. Kalau mau mencoba, ada trial selama 7 hari. Menurut saya jika memang menjadi pemain SEO profesional, Ahrefs termasuk tools yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

  • Alexa
Alexa merupakan pilihan untuk pengguna yang menyukai gratisan. Bermodalkan nama website saja, kita bisa melihar berapa ranking Alexanya. semakin kecil angkanya, maka semakin bagus. Ketika saya masih SMA dulu, saya sering dipamerin kakak-kakak pemain SEO kalau Alexa ranking websitenya ramping. Alexa rank memang menjadi sebuah kebanggaan bagi pemain SEO meskipun kadang mereka menggunakan cara-cara blackhat. Kalau sekarang pakai cara blackhat? Jangan harap.

  • SimilarWeb
Saya sendiri jarang memakai jasa SimilarWeb meskipun gratis. SimilarWeb kurang populer di kalangan peneliti SEO. menurut saya pribadi banyak data-data situs yang tidak terekam. Sepertinya sitem crawling-nya tidak terlalu bagus.

So, mana yang menurut kalian paling cocok untuk digunakan?