Tutorial Swipe Up Instagram, Ciri Khas Selebritis Sosmed ala Millenial

Jujur saja saat saya menulis artikel ini, akun instagram pribadi saya belum bisa swipe up. Kalau akun bisnis saya sudah. Banyak pelaku usaha online, baik dari online shop, penyedia berbagai jasa mikro pemula, bahkan remaja selebgram wanna be menginginkan instagramnya bisa di swipe up. Urusan swipe up ini bagi banyak orang adalah urusan hidup dan mati. Bahkan teman saya yang bernama Denver rela menggunakan teknik semi black hat yang dia namakan broken logic instagram. Sayangnya, akun dia belum bisa swipe up juga.

Sama bro. Gue juga belom bisa.
Konon, dengan fitur swipe up ini bisa meningkatkan engagement pengikut kita. Kita bisa arahkan mereka untuk menuju sebuah laman dengan link yang disematkan. Link tersebut banyak manfaatnya misalnya untuk membuka sebuah halaman blog. Tidak hanya itu, bahkan mungkin bisa digunakan untuk call to action donasi Kitabisa dan menyuruh orang-orang menyumbangkan uangnya untuk pembangunan tempat ibadah.
Instagram Swipe up by innovanathinklabs

Cara swipe up Instagram gimana sih?

Cukup mudah. Hanya dengan membuat sebuah story biasa, kemudian klik tanda rantai di bagian atas. Udah, gitu aja. Mudah? Masalahnya bukan itu, tapi ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa swipe up atau menampilkan tanda rantai di story kita.
  • Pengguna akun Instagram biasa yang harus sudah terverifikasi (centang biru)
Atau 
  • Pengguna Instagram harus memakai akun bisnis (Business Profile Instagram) dan memiliki minimal 10.000 followers. 
Cara mendapatkan centang biru atau agar akun terverifikasi juga sebenarnya gratis dan sederhana. Namanya juga verifikasi, kita cukup mengupload bukti sah kartu identitas misalnya KTP. Kemudian pihak Instagram akan mengecek dan memutuskan apakah pengajuan verifikasimu diterima atau ditolak. Yang jelas, kemungkinan besar akan ditolak jika kamu bukan selebritis, atlit, seniman, tokoh publik, brand yang besar, atau sekurang-kurangnya selebgram yang terkenal yang banyak akun palsu ngaku-ngaku jadi do'i.
Jonathan Christie, contoh pengguna terverifikasi karena (atlit, terkenal, selebritis, dan banyak akun palsu yang ngaku jadi Jojo terus berubah jadi penjual obat kuat)


Kalau merasa berat dengan syarat yang ada, gunakan cara kedua bisa beli follower. Nope! Saya sangat tidak menyarankan membeli follower. Nikmati saja proses #ROADTO10K

Cara mendapatkan 10k followers

Masih penasaran mendapatkan 10K followers?  Ada beberapa tips sih sebenarnya agar bisa mendapatkan banyak pengikut tanpa harus posting foto-foto shirtless dan sixpack di Instagram.

  • Pastikan posting secara teratur

Nah, ini kenapa akun pribadi saya belum bisa swipe up. karena jujur jarang posting. Mungkin tamparan bagi saya untuk lebih rajin posting meskipun hanya gambar kocheng.

  • Pastikan lagi kontennya relevan, menarik, menghibur, atau berguna bagi para pengikut

Baik saya ralat. Ternyata gambar kocheng tidak relevan untuk para pengikut saya. Mereka bukan sekte pemuja kocheng apalagi yang oren.

  • Perbanyak interaksi dengan polling, Q&A, dan sebagainya.

Update cerita Instagram tidak soal melulu pamer, sharing, atau memberi informasi satu arah. Tapi memberikan pooling maupun Q&A memberikan engagement kepada pengikut kita sehingga membuat mereka menjadi lebih loyal.

  • Gunakan hashtags, geotags dan pastikan lakukan tag pada brand besar.

Cara ini cukup efektif karena orang-orang yang tidak mengenal kita bahkan bisa melihat kita. Kita bisa melakukan dominasi sosial media dengan melakukan banyak tag. Tapi ingat, lakukan dengan wajar. Jangan nyepam!

Akhir kata, jika teman-teman sudah berhasil menggunakan fitur swipe up segera maksimalkan misal buka jasa endorse. Karena tidak semua orang bisa melakukannya hehehe...